Cara Registrasi Kartu Prabayar Untuk Semua Operator 2020

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Kementrian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) telah menerbitkan peraturan baru terkait Registrasi Kartu Prabayar untuk semua operator (Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Samartfren dll. di akhir tahun 2017 lalu.

Peraturan ini telah di sepakati dan di terapkan oleh KEMENKOMINFO guna untuk mengurangi adanya penyalahgunaan kartu pada masyarakat indonesia khusunya. Dengan demikian di wajibkan oleh setiap pengguna baru ataupun pelanggan lama wajib melakukan registrasi perdana mereka menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pada saat penerapan ini kemenkominfo memberi waktu kepada pengguna perdana baik operator Telkomsel, Tri, XL, Indosat dll dari tanggal 31 oktober 2017 hingga tanggal 8 ferbruari 2018. Register kartu prabayar ini bisa di lakukan secara online melalui situs resmi dan lewat SMS ke 4444.

Bila sampai 15 hari berikutnya kartu prabayar belum juga di daftarkan maka akan di beri waktu perpanjangan selama 15 hari. Dan jika tetap belum melakukan registrasi ulang maka perdana akan di blokir dan tidak bisa mengirimkan panggilan dan SMS keluar.

Oleh karena itu sebelum pemblokiran terjadi pengguna harus melakukan pendaftaran kartu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sah agar bisa menggunakan kartu prabayarnya.

Namun itu semua sudah berlalu sekitar dua tahun yang lalu, dan kini admin yaqin bahwa anda pasti sudah melakukannya. Akan tetapi pasti tetap ada untuk pelanggan baru yang harus regis kartu SIM nya.

Nah, untuk hal ini anda perlu mengetahui bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar yang hendak di gunakan agar bisa di pakai. Dan di sini pastinya anda sangat beruntung sekali bahwa akan kami uraikan tutorialnya.

Perlu di ketahui untuk anda semua bahwa satu NIK hanya bisa di gunakan untuk registrasi tiga nomor kartu saja. Jadi jika NIK sudah di gunakan sebanyak 3 kali maka NIK tidak bisa di gunakan registrasi lagi.

Sebelum membahas tentang cara regis kartu akan admin beritahukan kepada anda bahwa kita tidak bisa melakukan registrasi kartu tanpa KK dan NIK yang sah. Karena itu sudah ketentuan dari pemerintah.

Dan apabila ada fikiran untuk melakukan pendaftaran perdana tanpa NIK lebih baik anda urungkan niat dan buang jauh-jauh fikiran tersebut dari diri anda. Karena hal itu tidak akan terjadi, dan apabila itu bisa di lakukan pasti itu melanggar ketentuan.



Persiapan Sebelum Melakukan Registrasi Kartu Prabayar

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan register sim card anda, yaitu:
  • Pastikan nomor NIK dan nomor KK anda sudah benar dan sah
  • Siapkan pula hp/smartphone untuk mendaftar
  • Pastikan format sms sudah benar

Registrasi Kartu Prabayar All Operator (Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri dan Smartfren)

Cara Registrasi Kartu Prabayar

Apapun Provider yang akan anda gunakan silahkan baca dan simak cara mendaftar kartu sim perdana agar bisa di lakukan dengan baik dan benar tanpa ada kegagalan saat registrasi. Dan disini admin peperkan satu persatu agar anda sebagai pembaca tidak kesulitan.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Anda bisa melakukan pendaftaran perdana baru anda melalui online dan bisa juga via SMS ke nomor 4444. Akan tetapi di dalam artikel ini akan admin share dengan metode satu cara yaitu menggunakan layanan SMS.

Sebelum mengikuti langkah ini persiapkan terlebihdahulu Kartu Keluarga dan Nomor Induk Kependudukan anda yang sah dan terdaftar di dukcapil setempat. Jika sudah siap mari ikuti cara di bawah:

Calon pengguna baru

  1. Ketik SMS dengan format: REG<spasi>NIK#Nomor KK#
  2. Contoh: REG 1234567891234567#3201060401130027# kirim ke 4444
  3. Jika NIK dan no KK benar, registrasi akan berhasil

Pengguna lama

  1. Ketik SMS dgan format: ULANG <spasi>NIK#Nomor KK#
  2. Contoh: ULANG 1234567891234567#3201060401130027# kirim ke 4444
  3. Nanti akan ada SMS yang masuk berupa pemberitahuan terkait pendaftaran
Dengan menggunakan langkah di atas sebenarnya anda sudah bisa terdaftar, namun apabila ada masalah dan ingin melakukan register kartu telkomsel dengan banyak pilahan baik via online ataupun SMS ketik silahkan kunjungi Registrasi Perdana Telkomsel Lengkap.

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo

Cara Registrasi Kartu indosat

Setiap provider yang di gunakan ada sedikit perbedaan format yang perlu di masukan, dan untuk daftar nomor Indosat baik im3 ataupun mentari bisa anda lakukan dengan cara ini.

Pengguna baru

  1. Buka aplikasi pesan di Hp
  2. Ketik SMS dengan format: NIK#NomorKK#
  3. Contoh: 1234567891234567#3201060401130027#
  4. Kirim ke nomor 4444
  5. Pihak operator akan mengirim SMS kepada anda

Pelanggan lama

  1. Buka aplikasi pesan di Hp
  2. Ketik SMS dengan format: ULANG#NIK#NomorKK#
  3. Contoh: ULANG#1234567891234567#3201060401130027#
  4. Kirim ke nomor 4444
  5. Pihak operator akan mengirim SMS kepada anda
Selain dengan cara di atas anda juga bisa melakukan registrasi kartu indosat melalui online dan silahkan klik link tersebut untuk melihat tutorial lengkapnya yang telah di sajikan khusus untuk anda.

Cara Registrasi Kartu XL Axiata

Cara Registrasi Kartu xl

Seperti dengan provider sebelumnya bahwa dengan menggunakan format sms ketik kita akan melakukan pendaftaran perdana XL. Untuk bisa mengaktifkan kartu XL anda perlu melakukan pengaktifan terlebihdahulu dengan cara di bawah.

Pelanggan XL baru

  1. Buka aplikasi pesan di Hp
  2. Ketik SMS dengan format: DAFTAR#NIK#NomorKK
  3. Contoh: DAFTAR#1234567891234567#3201060401130027
  4. Kirim ke nomor 4444
  5. Pihak operator akan mengirim SMS kepada anda

Pelanggan xl lama

  1. Buka aplikasi pesan di Hp
  2. Ketik SMS dengan format: ULANG#NIK#NomorKK
  3. Contoh: ULANG#1234567891234567#3201060401130027
  4. Kirim ke nomor 4444
  5. Pihak operator akan mengirim SMS kepada anda
Saya rasa dengan cara di atas anda sudah berhasil mengaktifkan kartu xl anda dengan mudah. Akan tetapi jika ada masalah bisa dicoba menggunakan metode yang lain yaitu cara lengkap daftar perdana xl.

Cara Registrasi Kartu Axis

Cara Registrasi Kartu Axis

XL dan Axis saat ini sudah menjadi salah satu perusahaan yang membangun perkembangan teknologi dengan bersama. Itu tanda bisa jadi format dengan daftar xl sama, akan tetapi daripada kita penasaran lebih baik kita lihat secara langsung langkahnya di bawah.

Daftar kartu xl untuk pelanggan baru, itu cukup mudah dan simpel hanya dengan mengetik sms formatnya DAFTAR#NIK#NomorKK lalu kirim ke nomor 4444 maka akan ada sms masuk dari operator yang akan memberitahukan anda sukses atau gagal proses pendaftarannya.

Jika saat anda menggunakan cara di atas mengalami kegagalan bisa coba cara registrasi axis online melalui link tersebut.

Dan untuk pelanggan lama langkahnya juga cukup mudah yakni hanya mengganti kata daftar menjadi ulang. Untuk jelasnya yaitu ULANG#NIK#NomorKK kirim ke 4444.

Contoh: ULANG#123456789012345#1812345678901234 kirim ke 4444

Cara Registrasi Kartu SIM Smartfren

Cara Registrasi Kartu smartfren

Tak jauh dengan langkah-langkah sebelumnya jika anda ingin melkukan register perdana smartfren bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Buka aplikasi sms di hp anda baik hp android ataupun hp biasa lalu tulis sms dengan format sebagai berikt:
  • Untuk pelanggan baruketik: Daftar#NIK#NomorKK kirim ke 4444
  • Untuk pelanggan lama: ULANG#NIK#NomorKK kirim ke 4444
Disisi lain anda juga bisa mendaftarkan perdana smartfren anda secara online melalui website resmi smartfren ataupun aplikasi yang telah di sediakan. Namun menurut admin dengan cara di atas sudah cukup bisa anda gunakan.

Tanya Jawab Seputar Registrasi Kartu Prabayar

Tanya
Berapakah limit satu NIK dapat di gunakan?

Jawab
Untuk setiap NIK hanya dapat di gunakan sebanyak 3 kali.

Tanya
Kenapa selalu gagal saat registrasi ?

Jawaban
Saat melakukan registrasi mengalami kegagalan sebaiknya di cek apa pesan yang di dapat sehingga gagal.

Tanya
Kenapa format salah?

Jawab
Bisa jadi format yang anda masukan salah, maka silahkan cek kembali formatnya atau bisa di lihat format-format di atas tinggal sesuaikan saja provider apa yang anda gunakan.

Tanya
Kenapa tidak mendapatkan sms setelah daftar?

Jawab
Pastikan jaringan/signal anda cukup untuk menerima pesan masuk dan tunggu saja prosesnya.

Tanya
Registrasi gagal 5x. registrasi nomor anda tidak dapat dilanjutkan?

Jawab
Anda telah melakukan batas wajar registrasi sebanyak 5 kali sehingga anda gagal mendaftar. Solusinya coba tunggu beberapa saat atau esok hari untuk melakukan pendaftaran kembali. Atau anda bisa mencoba melakukan registrasi via online.

Tanya
Nomor Induk tidak dapat di gunakan?

Jawab
Pastikan nomor NIK dan nomor KK yang anda gunakan adalah sah dan terdaftar di DUKCAPIL atau periksa kembali nomor yang anda masukan sudahkah sesuai.

Tanya
Apa yang harus saya lakukan jika NIK tidak bisa di gunakan?

Jawab
Untuk memudahkan anda alangkah baiknya anda datang ke kantor dukcapil atau bisa menghubungi melalui layanan dukcapil via:

Kesimpulan yang Didapat

Ada beberapa kesimpulan yang dapat kita ambil dari tulisan di atas yaitu, kementrian indonesia telah mewajibkan kepada setiap pengguna untuk melakukan registrasi kartu prabayar baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Selain itu memudahkan anda untuk melakukan registrasi perdana anda apapun itu providernya. Dengan cara-cara di atas di tujukan kepada anda yang gak mau ribet-ribet alias cukup via sms saja sudah beres.

Anda juga bisa menggunakan cara yang telah kami sediakan di atas baik via sms ataupun online yang telah kami sisipkan link di dalamnya yang berisikan tutorial lengkapnya. selain itu anda juga bisa melihat tanya jawab di atas agar anda tidak terlalu bingung jika mengalami pertanyaan.

Di atas juga terdapat layanan dukcapil yang bisa anda gunakan untuk menggatasi masalah terkait pendaftaran kartu sim card dengan cara menghubungi layanan tersebut.

Saya pribadi meyaqini dengan pembahasan di atas dengan sangat mudah anda bisa mempraktekannya tanpa mengalami kendala saat registrasi kartu prabayar anda dengan catatan simak secara teliti agar tidak ada kekeliruan.

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua yang masih bingung melakukan pendaftaran perdana baik Telkomsel, Indosat, axis, XL ataupun Smartfren. Terimakasih, selamat mencoba dan semoga selalu berhasil!

5 Responses to "Cara Registrasi Kartu Prabayar Untuk Semua Operator 2020"

  1. nice info gan, punya ku sudah berkali-kali didaftarkan tidak berhasil jadi kemungkinan sudah maksimal batas pendaftaran ya. Solusinya gimana ya agar bisa didaftarkan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK maximal bisa di daftarkan 3 nomor gan. kalau sudah mencapai maksimal bisa langsung datang ke layanan DUKCAPIL untuk menonaktifkan NIk yang pernah d dftrkan sebelumnya. atau bisa unreg sendri jika nomor masih ada

      Delete
  2. Makasih gan.
    Teryata 1 kartu hanya utkn3 x kesempatan.

    Q baru tau ini gan.
    So berguna banget

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel